Headlines News :
resize
STOP Corruption, mulai dari kita. Sekarang !!Dewan Pelaksanan Cabang Clean Governance Lamongan. Against Corruption
Home » » Kanwil Kemenag Jatim akan gelar rukyatul hilal di 5 titik

Kanwil Kemenag Jatim akan gelar rukyatul hilal di 5 titik

Written By Unknown on Thursday, August 1, 2013 | 12:34 AM

Yakin lebaran bisa bersamaan
 

Surabaya:  Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Jawa Timur akan menggelar monitoring rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Syawal 1434 Hijriyah di beberapa lokasi yang ada di wilayah Jatim.

“Kita akan memantau rukyatul hilal di lima titik yang bekerja sama dengan PWNU (Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama dan Pengadilan Agama di masing-masing lokasi,” kata Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Sudjak usai acara buka bersama di Kantor Kanwil Kemenag Jatim, Jalan Raya Juanda II, Selasa (30/7/2013).

Lima lokasi strategis untuk menggelar rukyatul hilal di Jatim, diantaranya di Pantai Gebang Bangkalan Kab. Bangkalan, Bukit Condro Dipo Kab. Gresik, Pantai Tanjung Kodok Kab. Lamongan, Pantai Srau Kab. Pacitan dan Pantai Serang Kab. Blitar.
“Hasil dari rukyatul hilal akan kita laporkan secepatnya kepada Menteri Agama untuk dijadikan sebagai bahan sidang isbat. Kalau awal Ramadhan kemarin kan terjadi perbedaan, insyaallah untuk 1 Syawal nanti tidak terjadi perbedaan” ungkapnya.

Pihaknya meyakini, jika nantinya masyarakat Indonesia bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri secara bersamaan. Sudjak menjelaskan bahwa hal tersebut diketahui lewat indikator yang menentukan posisi hilal sudah diatas dua derajat.
“Posisinya mendekati empat derajat. Sehingga sangat mungkin bahwa hilal sudah bisa dilihat. Mudah-mudahan memang demikian,” tambahnya.

Sementara untuk pelaksanan monitoring rukyatul hilal, baru akan dimulai serentak di lima titik tersebut, pada 7 Agustus mendatang.@sarifa
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

gif animator

Jangan Lewatkan

Popular Posts

Followers

 
Support : Creating Website | SMI Template | Suara Lamongan Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. suara lamongan - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Sentra Media Informatika