Headlines News :
resize
STOP Corruption, mulai dari kita. Sekarang !!Dewan Pelaksanan Cabang Clean Governance Lamongan. Against Corruption
Home » » KPK Ditantang Bongkar Proyek Sipol dan Sidalih

KPK Ditantang Bongkar Proyek Sipol dan Sidalih

Written By Unknown on Saturday, January 26, 2013 | 8:15 PM

 Pemilu 2014

KPK Ditantang Bongkar Proyek Sipol dan Sidalih
JAKARTA--Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kepolisian diminta melakukan penyelidikan terkait program Sistim Informasi Parpol (Sipol) serta Sistem Informasi Pendaftaran Pemilih (Sidalih) yang dibiayai oleh International Foundation For Elektoral Systems (IFES).

“Kedua model itu diterapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) tanpa memiliki dasar hukum. Patut diduga, melanggar Undang-undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD,” ujar Ketua Pendiri Indonesian Audit Watch (IAW) Junisab Akbar dalam pernyataan pers yang diterima Tribun, Sabtu (26/1/2013).
IAW kemudian menduga, program Sipol dan Sidalih adalah model tak patut yang diterapkan dalam pemilihan umum (Pemilu).
“Kedua program ini model yang awalnya bermula sekedar proyek godokan tim prakarsa Jakarta. Dimotori peneliti LIPI yang juga mantan komisioner KPU). Kemudian, mantan komisioner KPU dari hasil pembiayaan IFES,” paparnya.
Junisab kemudian menjelaskan, proyek swasta asing diduga direkomendasikan dengan maksimal oleh komisioner KPU untuk digunakan dalam tahapan Pemilu yang dilaksanakan KPU.
KPK menurut Junisab, harus segera memeriksa, mengapa model aplikasi Sipol dan Sidarli yang dibiayai oleh negara atau lembaga asing minimal tidak dengan pembiayaan APBN bisa direkomendasikan dua orang Komisioner KPU diterapkan dalam pelaksanaan tahapan Pemilu 2014.
“Siapa Komisioner KPU yang menyimpangkan kewenangannya melanggar atau melakukan perbuatan melawan hukum terhadap Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012,” tegasnya.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

gif animator

Jangan Lewatkan

Popular Posts

Followers

 
Support : Creating Website | SMI Template | Suara Lamongan Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. suara lamongan - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Sentra Media Informatika